BIRO PENGELOLAAN KEUANGAN

SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI BENGKULU
Jl. Pembangunan No.1 Padang Harapan Kota Bengkulu

Bimbingan Teknis Pen...

Rabu tanggal 27 Agustus 2014 bertempat di Raffles City Hotel Bengkulu, telah diselenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Akrual yang langsung di buka oleh staf ahli Gubernur...

BIMBINGAN TEKNIS PEN...

Dalam rangka penerapan Peraturan Pemerintah nomor 71 tahun 2010 tentang Standar AKuntansi Pemerintah, Permendagri nomor 64 Tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Berbasis Akrual pada Pemerintah Daerah, Peraturan Gubernur Nomor...

Biro Pengelolaan Keu...

Pada saat pertama kali mendengarkan presentasi Aplikasi Cash Management System (CMS) dari pihak provider yang merupakan core banking Bank Bengkulu tahun yang lalu (2013), banyak asa yang dinantikan untuk menjadi...

Daftar Penerima Dana...

DAFTAR BADAN/ LEMBAGA/ ORGANISASI/ SWASTA PENERIMA DANA HIBAH UANG DARI PEMERINTAH PROVINSI BENGKULU TAHUN ANGGARAN 2017   REALISASI HIBAH DANA OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) TRIWULAN I DAN II PADA BELANJA TIDAK LANGSUNG TAHUN...

Exit BPK Perwakilan ...

Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Bengkulu secara resmi telah mengakhiri pemerikasaan terinci atas laporan keuangan pemerintah daerah Provinsi Bengkulu T.A 2013 pada Sabtu 31 Mei yang baru lalu. Acara yang dilaksanakan di...

Kartu Identitas Petu...

Kartu Identitas Petugas Penghubung (KIPP) merupakan kartu akses petugas dari SKPD ke Biro Pengelolaan Keuangan Setda Provinsi Bengkulu. Petugas pemegang kartu KIPP adalah lisence Officer (LO) yang merupakan orang yang...

012345

Kartu Identitas Petugas Penghubung (KIPP) bagi LO Lisence Officer

Kartu Identitas Petugas Penghubung (KIPP) merupakan kartu akses petugas dari SKPD ke Biro Pengelolaan Keuangan Setda Provinsi Bengkulu. Petugas pemegang kartu KIPP adalah lisence Officer (LO) yang merupakan orang yang dberi tugas oleh SKPD sebagai wakilnya untuk berurusan di Biro Pengelolaan Keuangan dengan memenuhi kriteria kriteria tertentu yang telah ditentukan oleh Biro Pengelolaan Keuangan terlebih dahulu. Ide LO ini telah diwacanakan pada tahun 2013 yang lalu, namun baru di tahun 2014 ini terwujud. Latar belakang dari LO ini adalah keinginan Biro Pengelolaan Keuangan untuk meningkatkan pelayanan yang cepat, tepat, akurat, valid dan akuntabel. Dimana, dengan adanya satu orang wakil dari SKPD yang berurusan maka memudahkan Biro Pengelolaan Keuangan dan SKPD dalam mengendalikan dan mengevaluasi kinerja masing - masing. Selama ini setiap SKPD yang berurusan itu biasanya per masing - masing kegiatan, yang kadang kadang kepentingannya sama yaitu pencairan, mohon penjelesaan dan sebagainya, dan ini jika dilihat dari sisi waktu justru memperlambat pelayanan dan sangat tidak efektif. Demikian juga jika dilihat dari sisi Pertanggungjawaban, maka karena banyak dan berganti-gantinya utusan SKPD yang berurusan menyebabkan kesulitan untuk mengetahui siapa yang mempunyai mandat tanggungjawab dan wewenang dari SKPD sehingga memudahkan dalam hal konfirmasi kepada Pimpinan SKPD atau pejabat SKPD lainnya. Begitu juga dengan sisi lainnya.

 Dikarenakan betapa pentingnya arti petugas LO ini maka perlu dibuatkan kartu Identitas Khusus yang mencirikan bahwa yang bersangkutan adalah wakil dari SKPD, dan untuk memudahkan petugas di Biro Pengelolaan Keuangan dalam mengenalinya. Tanpa kartu KIPP ini maka Biro Pengelolaan Keuangan tidak akan melayani, dan sudah menjadi komitmen bersama. Pemberian / pembagian Kartu Identitas Petugas Penghubung atau kartu LO ini secara simbolik telah dibagikan kepada dua orang perwakilan SKPD oleh Kepala Biro Pengelolaan Keuangan pada saat acara Pendalaman Materi Alur Kerja Sistem Informasi Manajeman Keuangan Daerah di Hotel Nala Sea Side Jum'at minggu lalu.